Rabu, 04 Januari 2017

LARINGOMALASIA (LARYNGOMALACIA)



Satu lagi diagnosa yang dimiliki Kirana.
Karena Laringomalasia ini, nafas Kirana berbunyi kencang, grok-grok seperti sedang pilek.
Memang sih nafas bayi muda, banyak yang 'berisik', grok-grok, dan hal ini WAJAR yang akan hilang seiring pertumbuhan bayi, karena memang organ pernafasan anak yang belum sempurna, meski seringkali hal ini membuat sebagian orang tua menjadi khawatir.
Dulu Kasih waktu bayi juga nafasnya bunyi grok-grok, dan sempat membuat aku juga khawatir. Namun hal ini tidak berbahaya.

Lalu apa bedanya dengan suara 'berisik' pada Laringomalasia?
BEDA.
Suara grok-grok pada anak dengan Laringomalasia disebut stridor (kalau mau tahu suaranya seperti apa, coba cari di YouTube, ada macam-macam tipe suara nafas patologis : stridor, ronchi, wheezing, rales), terjadi diiringi nafas yang berat, sehingga anak mengalami retraksi, dan bisa juga diiringi suara melengking (mengi).

Kalau pada Kirana sih terjadi 'berisik'-nya terjadi terjadi sepanjang hari, terus-menerus, memburuk saat dia sedang aktif.
Tapi apa sih Laringomalasia itu?
Yuk kita sama-sama sedikit mengenal Laringomalasia.

-------------------------------
Apakah Laringomalasia?
Laringomalasia adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan mengempisnya jaringan laring ke dalam saluran nafas ketika pasien, kebanyakan anak-anak, menarik nafas. Hal ini menimbulkan pernafasan yang berisik.

Gejala laringomalasia biasanya muncul sewaktu lahir, dan dapat menjadi semakin jelas dalam 2 minggu pertama kehidupan. Hal ini terjadi sebagai akibat bagian yang lunglai dari laring (pita suara) belum memiliki kekuatan untuk menyokong saluran pernafasan agar kokoh.

Sewaktu menarik nafas (inhalasi), tekanan negatif relatif terhadap atmosfir terbentuk sepanjang laring, sehingga mengakibatkan pengempisan struktur-struktur ini ke dalam saluran nafas dan mempersempit jalan nafas. Sumbatan sebagian adalah penyebab timbulnya suara berisik sewaktu bernafas. Hal ini seringkali memburuk ketika bayi berbaring, karena jaringan yang lunglai dapat dengan mudah menutupi saluran nafas yang terbuka pada posisi ini.

Laringomalasia berat menyebabkan suara nafas yang tidak terputus (suara mengi yang melengking) dan meningkatkan kerja pernafasan. Hal ini juga sering berhubungan dengan kegagalan pernafasan sehingga memerlukan oksigen atau bantuan pernafasan, perkembangan yang terhambat dan/atau kegagalan untuk tumbuh.
Pembedahan (supraglotoplasti) sering dilakukan untuk mengurangi kerja pernafasan.

Sumber : http://www.persify.com/id/perspectives/medical-conditions-diseases/laringomalasia-_-951000103621 diakses pada 24 Desember 2015
------------------------------------

Kirana baru diduga Laringomalasia ketika pertama kali konsul dengan dr. Arifianto, Sp. A (ini sih DSA kesayangan Kirana, tapi jarang dikunjungi, datang cuma kalau mau perpanjang rujukan atau Kirana sakit yang uncommon hihihihihi), lalu terdiagnosa pertama saat berjumpa Sp. THT di usia sekitar 4 atau 5 bulan gitu (lupa persisnya), dan tegak diagnosa Laringomalasia tipe 1 saat melakukan tes FEES di usia sekitar 7,5 bulan.

Kabar baiknya sih, sebagian besar kasus Laringomalasia akan membaik sendiri seiring pertumbuhan anak, meski ada sekitar 5% (kasus berat) yang memerlukan tindakan operasi.
Kirana sendiri selama ini hanya wait and see, dan dengan memperhatikan posisi tidur (tidak boleh tidur terlentang), posisi makan, minum.

Namun suara Kirana dulu sangat kecil, tangisannya terdengar kemayu sendu halus menyayat hati hehehehehehe, dia terkesan anteng karena jarang menangis, yah kalaupun menangis pun, suara tangisannya toh tidak menggelegar, sehingga dulu si bude sebelah rumah yang dagang nasi uduk, sering nanya,"Bayinya anteng yah? Gak pernah nangis yah?", padahal sih Kirana nangis juga, cuma yaah gitu deeeh, gak terdengar ke luar, lah wong aku yang cuma di depan pintu kamar saja belum tentu dengar suara tangisnya koq hehehehehehe. Ketawa pun dia tanpa suara, hanya tampak wajah yang tertawa, plus suara 'kkkkrrrrkkkkkk'.

Seiring pertumbuhan Kirana, Laringomalasia-nya membaik, suaranya mulai lebih keluar, tangisnya lebih kuat, tawanya lebih bersuara, nafasnya sudah nampak lebih baik, tidak retraksi seperti dulu waktu bayi.
Meski hingga tulisan ini dibuat, nafas Kirana masih 'berisik', namun setidaknya ada perbaikan yang patut disyukuri.

Bekasi, 5 Januari 2017
Nanda

25 komentar:

  1. Mau tanya, tips agar bayi laringo bisa tidur gimna ya..soalnya klo terlentang susah nafas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak ku jg di diagnosa gtu mom.tp aku sering inhalasi wktu msh bayi and alhmdulilah skrg udh mw jalan 5bln

      Hapus
    2. Kalau sudah diinhalasi mengurasi sesak nafasnya ya?

      Hapus
  2. Asslmkm kk skrg gmn keadaan kirana? Anak sy jg diagnosa LM.. Mohon infonya kk

    BalasHapus
  3. Ank sy laringo bund..skrg 4 bln..pake selang ngt minumnya...laringo kan selain nafas susah jg kemampuan nelannya gk bs...mpasi nya gmn ya bund?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang keadaannya gimana bund,,sharing dong bun anak saya juga didiaknosa lar
      ingomalacia

      Hapus
  4. Anak saya juga LM mohon infonya krn kalo terlentang dy susah nafas 😭😭😭😭

    BalasHapus
  5. Ank sy jg LM.. Skrng usianya sdh 2 bln
    Lebih 😥

    BalasHapus
  6. anak sy awal nya pneumonia lalu didiagnosa LM . nafas nya sesak retraksi di leher dan dada, nenen sllu tersedak stlh tersedak nafas nya smakin sesak. alhamdulillah skrg usia 10 bln sdh tidak sesak , jarang sekali tersedak. napas bunyi nya kadang" aja.retraksi mulai hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur yaa bun dpt berita baik dri bunda. Krn skrg anak ku sdh berumur 6bln dan sdh 3bln terakir ini merawat bayi LM sndri d rmh sambil sring kontrol RS tiap minggu nu

      Hapus
    2. Jadi itu salah diagnosa apa gimana yg dikira pneumonia tp sbenarnya lm,tlong d jawab bun saya sedang bingung.

      Hapus
    3. sharing dong bund anak saya juga didiagnosa pneumonia dan laringomalaicia wa ya bun 081932991580

      Hapus
  7. anak saya baru mau 2 bulan juga di agnosa lm, sedih sekali waktu periksa , langsung suruh di rawat, karena musti cek darah & di rotgen , di rawat selama 6 hari , alhamdulilah saat ini masih ,bunyi grok2 tp minum asi mau, mari semangat bun , semoga anak2 yg kena lm , selalu di beri kekuatan juga kesembuhan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin Allahuma amin ya bun. Sama² semangat & sabar ngerawat. Smoga anak² kita selalu di beri kesehatan & lekas sembuh.😇 Kadang suka mellow kalau dia lg sesak..

      Hapus
  8. Anak sy baru 1bulan jg LM skrg masih d ICu dan besok harus oprs bikin lobang pemasangan selang pada leher untuk pernafasan. Apakah tumbuh kembangnya akan terganggu bund???

    BalasHapus
  9. Anak teman saya didiagnosa laringomalasia pada saat umur 4bulan bun. Tapi memburuk memburuk sampai pada saat umur 10bulan dia meninggal..

    BalasHapus
  10. Hallo bun. Anak saya didiagnosa LM dr usia 2 minggu. Bolak balik RS harapan kita,sekarang usianya masuk 4 bln. Allhamdullillah check semua normal. Cuman susah banget naikin BB ya.. boleh tolong sharing bun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang gimana keadaan anaknya bund,, sharing dong bund anak saya jga didiaknosa lm 081932991580

      Hapus
  11. MasyaAllah baru nemu blog ini.kebetulan anak saya juga special needs didiagnosa laringgo.jadi pengin nanya mbak kirana sendiri sekarang udah bisa maem belum mom?anak saya masih susah makannya bb rendah

    BalasHapus
  12. Ingin tahu gimana indikasi laringomalasia sdh sembuh,

    BalasHapus
  13. Anak saya juga diagnosa laringomalasia pas usia 3 minggu,dia usianya sekarang 2 bulan kurang, Alhamdulillah udah lebih baik sih, kadang grok² kadang juga nggak... Minum asi nya lumayan sering tersedak,bb nya juga naiknya pelan².. dari bb bb lahir 2,6,usia 1 setengah bulan bbnya masih 3,2.. apa kira² laringomalasia tahap yg normal ya?

    BalasHapus
  14. Apakah bisa sembuh total ya sakit LM ,,apKah hrs pake ngt terus

    BalasHapus
  15. Anak sy jg d diagnosa LM
    Tapi bb nya naik 1kg
    Bb wkt lahir 4kg skrg umurnnya 1bln udh 5kg

    BalasHapus
  16. anak saya di diagnosa laringo saat usia 10 hari di lahirkan sempat membiru dan ada pneunomia
    3 minggu di rawat di nicu,bolak balik rawat rumah sakit karna sesak,banyak lendir dan dada cekung masuk kedlm
    skrng usia nya sudah masuk 7 bulan alhmdulilah membaik tp kadang dada nya masih cekung dan kadang ada suara grok grok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi bayinya skrg gmna bun? Apakah dadanya masih cekung? Boleh sharing caranya agar bisa sembuh?

      Hapus