Minggu, 26 Februari 2017

KULWAP PRS TALK : SERBA-SERBI MPASI

Oleh : Wynanda Bagiyo Saputri, S.E., M.M.

Saat anak kita menjelang usia 6 bulan, mama pasti merasakan rasa yang campur aduk, antara senang, bingung, deg-degan.
Pasalnya si kecil akan segera mulai MPASI, mama akan dikelilingi pertanyaan seputar :
Kapan MPASI harus dimulai?
Makanan apa yang diberikan?
Seberapa banyak?
Bagaimana memasaknya?
Alat apa saja yang dibutuhkan?
Berapa kali makan?
Dst dst

Been there, done that 😁
Aku pun mengalaminya, terutama saat baru anak pertama, jadi kamu gak akan bingung sendirian, karena banyak mama yang juga mengalaminya.

Sesuai panduan WHO, bayi diberikan ASI eksklusif atau hanya ASI saja, tanpa tambahan apapun, termasuk air putih, pisang, jus, air tajin, madu, bubur, dll selama 6 bulan, dan kemudian bayi perlu mendapatkan MPASI yang adekuat sementara ASI tetap diteruskan hingga setidaknya usia 2 tahun.
Jadi misal anak lahir di tanggal 1 Januari, maka MPASI diberikan pada tanggal 1 Juli.

MPASI pertama dimulai dengan serealia, bukan buah atau sayur, kenapa?
Karena terkait dengan pemenuhan nutrisinya.
Selambatnya di minggu ke 2 sudah dikenalkan daging merah sebagai sumber zat besi yang terbaik guna pencegahan terjadinya ADB (Anemia Defisiensi Besi), dan harus segera diberikan MPASI 4 bintang, yaitu yang lengkap seimbang, ada karbohidrat, protein nabati, protein hewani (primadonanya adalah daging merah dan ikan laut), serat, serta juga perlu diberikan tambahan lemak dari minyak (evoo, minyak kelapa, dll), santan, mentega, margarin.

Teksturnya bisa dimulai dengan tekstur lumat, yaitu tekstur yang lembut, namun tidak mudah jatuh ketika sendok dibalik, tekstur ini bisa dibuat dengan cara disaring dengan saringan kawat, ditambahkan cairan (bisa dengan ASIP, air kaldu, air mineral) hingga tekstur yang dikehendaki.
Jangan memberikan yang teksturnya terlalu cair, karena semakin cair makanan, nilai kalori dan nutrisinya akan semakin kecil.
Usahakan juga tidak menggunakan blender, karena penggunaan blender bisa membuat tekstur makanan terlalu lembut sehingga tidak merangsang bayi untuk mengunyah.

Sajikan makanan terpisah, bukan yang dicampur aduk jadi 1, agak anak belajar mengenal rasa alami dari makanannya dan tahu apa yang dia makan.
Hindari penambahan gula dan garam pada MPASI hingga setidaknya anak berusia 1 tahun, karena gula dan garam dibutuhkan hanya dalam jumlah yang sangat sedikit, dan ini sudah terpenuhi dari ASI serta sumber makanan alami, yang jika berlebih maka akan memperberat kerja ginjal.

Alat apa saja yang perlu disediakan?
Dulu aku juga bingung soal ini, karena banyak alternatif yang ditawarkan untuk membuat MPASI, maka alat yang dipersiapkan mungkin bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi, tapi kalau aku pribadi, hanya membeli baby foodmaker, yang isinya adalah : mangkok (bisa digunakan juga untuk menghaluskan makanan, karena dasar mangkok ada yg berduri, ada juga yang bergaris-garis), kayu penumbuk, pemeras jeruk, saringan kawat, parutan, dan tutup mangkok.
Hanya itu, aku tidak membuat MPASI memakai blender, juga tidak memakai slow cooker. Foodmaker tersebut juga bisa digantikan dengan alat-alat biasa di dapur, seperti parutan keju, saringan kawat dan pemeras jeruk biasa, ulekan, sendok atau garpu. Kemudian tentu saja juga perlu pisau, talenan, panci, namun alat-alat ini kan biasanya sudah tersedia di dapur kita.

Bagaimana dengan porsi, frekuensi dan metode pemberian MPASI?
Sesuai panduan WHO, maka pemberian MPASI diberikan dengan metode aktif dan responsif, yaitu dengan menyuapi anak dan tetap melibatkan anak saat makan, memperhatikan reaksi si kecil.
Bayi makan dengan porsi kecil tapi sering.
Di awal MPASI, frekuensi pemberian makan bisa 2-3x, dengan porsi 2-3 sendok makan untuk sekali makan, porsi dan frekuensi makan akan terus ditingkatkan seiring pertambahan usia.

MPASI terbaik adalah homemade dengan bahan lokal dan segar.
Makan bukan sekedar memenuhi kebutuhan nutrisi anak, bukan sekedar naikin BB namun menjadi bagian penting tumbuh kembang anak, makan adalah sebuah petualangan tersendiri sehingga makan perlu menjadi proses yang menyenangkan dan menarik.
Berikan menu berwarna-warni, yang berasal dari bahan makanan yang berwarna-warni juga (sayur dan buah warna-warni) agar lebih menarik.
Berikan menu yang enak, gunakan bumbu dapur sebagai penyedap alami.
MPASI bisa dicampur dengan ASIP sehingga kebutuhan akan ASI juga tetap terpenuhi, dan juga berikan tambahan air putih.
Pada dasarnya tidak ada pantang makanan, karena alergi jarang terjadi, aturan tunggu 3 hari (3 days rule), bisa diterapkan untuk bahan makanan yang sangat potensial menjadi alergen, namun bukan dengan memberikan hanya 1 jenis makanan selama 3 hari, melainkan tidak memberikan bahan makanan baru lainnya selama 3 hari, misal tanggal 4 Februari anak pertama kali diberikan udang (beserta makanan lainnya yang gizi seimbang), namun belum pernah diberikan cumi-cumi, telur, ikan baronang, maka tanggal 5 dan 6 Februari jangan diberikan cumi-cumi, telur, ikan baronang.

Saat menyuapi anak makan, kita juga bisa menjadikannya sebagai moment edukasi, dengan mengenalkan anak makanan apa yang sedang dia makan, apa warnanya, bagaimana rasanya, kandungan gizinya, dll.
Misal : "Ayo kita makan wortel, warnanya oranye, banyak vitamin C, bikin adek sehat dan kuat, banyak vitamin A biar mata adek sehat."

Jadikan membuat MPASI homemade sebagai kegiatan yang mudah, murah dan simple, serta jadikan proses makan sebagai petualangan yang menyenangkan.
Selamat memasak penuh cinta.

Bonus bacaan :
https://duniasehat.net/2014/02/11/makanan-pendamping-asi-mpasi-who/
Baca juga artikel infant feeding, complimentary food di WHO, AAP, baca soal choose my plate dan food alergy
--------------------------------

Q & A

Q ‬: 1. Apa yg harus dilakukan ketika anak mengalami GTM? Karena semua anak pasti pernah mengalami fase GTM ini.
2. Apa yg harus d lakukan utk menghindari si anak mengemut makanannya? Pengalaman saya dg anak pertama, si kk dari sejak mpasi sampai sekarang umur 4th suka mengemut makanan mom wyn.. Jd utk menghabiskan makanannya jadi lamaaaa... Sedangkan yg pernah saya baca baiknya sesi makan anak itu sekitar 30menit. Setelah 30menit sesi pemberian makan d hentikan..karena kelamaan juga makanannya jd ga enak.

A : Anak GTM pasti ada penyebabnya, ini yg perlu dicaritahu, kenapa anak GTM, krn ada banyak faktor yg bisa memperngaruhi.
Perlu dilakukan evaluasi menyeluruh, mulai dari variasi menu, kondisi kesehatan anak, mood, tampilan makan, dll.
Insya Allah soal GTM nanti akan dibahas di sesi berbeda yah.
2. Apakah selalu ngemut? Untuk semua jenis makanan? Bagaimana dg tekstur makanannya?
Benar bahwa sebaiknya durasi makan dibatasi hanya selama 30menit.

Q : 1. Selain mengevaluasi secara keseluruhan penyebab GTM juga mesti banyak2 sabar y mom wyn ngadepin anak GTM? Heheeee... Ok kalo masalah GTM akan ada bahasan d sesi lain saya rasa cukup 👌 utk saat ini
2. Ga semua makanan d emut, hanya menu makanan tertentu, karena anaknya cenderung picky eater.. Tp bukankah kita harus mengenalkan semua jenis makanan k anak? Kalo sekarang udah 4th tekstur makannya yaa udah mknn keluarga mom wyn..

A : Pertanyaan apakah semua jenis makanan diemut atau gak kan untuk mencoba mencari penyebab lain.

Picky eater? Jenis makanan yang seperti apa yang cenderung diemut?

Q : Biasanya makanan yg dia kurang suka mom jd dia makannya d emut. Misal Makan ayam atw daging2an mesti d suwir halus2 baru dia mau makan, nyuwirnya agak kebesaran aja setelah d kunyah lama malah d lepeh bukan d telan, hiks...

A : Berarti kurang pas dengan tekstur, coba ditingkatkan bertahap teksturnya sambil anak diajak komunikasi, diberikan contoh mengunyah

Q : Bunda untuk 1 minggu pertama anak mpasi diberikan sereal, yg seperti apa misalnya sereal itu?

A : Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian (bahasa Inggris: cereal) adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat/pati. Kebanyakan serealia merupakan anggota dari suku padi-padian dan disebut sebagai serealia sejati.

Q : Sebaiknya diawal MPASI qt beri 1 jenis makanan atw lngsung 4 bintang,krn sy pernah liat talk show do tv kt DSA nya lngsung dikasih 4 bintang?dan klo memang 4 bintang bagaimana perbandingan tiap jenis bahan makanannya?trimaksih😁

A : Bisa segera 4 bintang, jika ingin memberikan menu tunggal maks selama 2 minggu

Untuk perbandingan, bisa lihat choosemyplate.gov

Q : Klo diberi 4 bintang blh diberikan 2-3 kali sehari dgn menu yg sama?dlu anak ke 2 saya kt DSA nya kebanyakan porsi sayur jd bb nya pun kurang..sebaiknya qt beri 1 jenis sayur atw blh lbh?

A : Imho menu sama boleh saja, tapi kembali lagi, yang terbaik yang fresh yah.

Sayuran itu rendah kalori tinggi serat, kalau niatnya boost bb memang yang diperlukan yang tinggi kalori (jika memang masalahnya hanya dengan kekurangan kalori)

Q : kalau kita pilih menu tunggal selama dua minggu itu adakah aturannya untuk bahan makanan yg diberikan dalam satu hari?

A : Tidak ada sih, yang jelas bukan hanya buah atau sayur, tapi dimulai dg serealia, dan tidak pantang-pantang makanan tertentu

Q : Untuk serealia bisa ga klo beras dihaluskan dulu untuk stok. Jadi diambil sesuai porsi makan bukan dari beras utuh yg lgsg dibikin bubur?

A : Apakah yang dimaksud adalah tepung? Sependek pengetahuanku sih, pertepungan tidak dianjurkan (lupa alasan tepatnya), yang pasti kali bikin mpasi dari tepung, tekstur akan jadi terlalu halus dan tidak merangsang anak mengunyah 😁

Jawaban peserta lain : meningkatkan kadar glikemik dlm darah kalo kbnyakan tepung

Jawaban dari peserta lain : Sepengetahuanku kalau tepung itu porsinya berbeda dengan bahan aslinya. Misal 3 sendok makan nasi itu berbeda dengan porsi tepung beras. 3 sendok makan tepung beras bisa lebih dari itu sehingga yang terjadi bisa kelebihan porsi.
Dan kelebihan porsi makan merupakan salah satu penyebab sembelit

A : Porsi sudah jelas berbeda, juga nilai kalori dan pemenuhan gizi, makanya gak dianjurkan tepung-tepungan.

Gak juga sih setahu aku.

Selama cukup asupan cairan, serat dan aktifitas, makan banyak insya Allah tidak sembelit, makanya kalau sembelit yang dievaluasi adalah 3F (fluid, fiber, fitness), bukan porsi

Q : fitness yg gimana mom

A : Fitness pada anak yah gerak, aktifitas

Jawaban dari peserta lain ‬: kelebihan makan malah lebih sering BAB..

Jawaban dari peserta lain : klo sembelit kurang lemak tambahan krn anak lbh butuh lemak tambahan... atau bisa juga karena alergi makanan

A : Yang pasti sampai saat ini, setahu aku penanganan untuk konstipasi pada anak masih di penambahan serat, cairan, aktifitas (misal ditambah dg pijat), bukan nambahin lemak.

Jawaban dari peserta lain : Maksudnya begini. Ketika si bayi diberikan karbo berlebih (krn berbentuk tepung), kmgknn porsi seratnya tdk sesuai krn porsi makan bayi yg terbatas tentunya (2-3 sdm), maka bs menjadi salah satu penyebab sembelit. Meski tentu penyebab sembelit bukan itu saja 😊
Constipation in toddlers | BabyCenter

http://www.babycenter.com/0_constipation-in-toddlers_11419.bc?scid=Android_MPBT_Referral

A : Prinsipnya kan seimbang, kalau memang memberikan lbh banyak karbo, maka perlu perhatikan juga seratnya 😊

Jawaban dari peserta lain : Setuju... Makanya kayak pemberian buah/sayur atau air putih kan untuk membantu menghindari sembelit

Q : Jika makanan tidak boleh disatukan,jd penyajiannya dipisah2 gitu ya mom wyn?mis.nya bubur nasi+ikan+sayur gitu ya?

A : Iya, sebaiknya jangan dicampur aduk, sehingga anak tahu apa yang dia makan, bagaimana bentuknya, bagaimana teksturnya, bagaimana rasanya.

Q : Bunda wyn wajibkah anak setelah makan diberi air putih? Kenapa penggunaan blender tidak dianjurkan? Kalau anak tidak mau makan sambil duduk bolehkah kita menyuapi sambil anak tiduran?

Jawaban dari peserta lain : bantu jawab mbak..

supaya permukaan bibir tidak terjangkiti jamur setelah makan lbh baik diminumin air putih

kalau makan sambil tidur resiko tersedak karena esofagus dan saluran nafas (laring) kalau tersedak gawatnya bisa mengakibatkan kematian

A : Sebaiknya diberikan air putih setelah mpasi.

Penggunaan blender tidak dianjurkan alasannya sudah dijelaskan di materi.

Tidak mau makan sambil duduk? Anaknya bisa duduk kan? Kalau bisa, tidak ada keluhan, yah makannya sambil duduk, tidak sambil jalan-jalan, tidak sambil lari-lari, dll,  latih anak makan sambil duduk.
Gak sambil nonton TV juga yaah

Q : Jd awal mpasi g harus wajib menu tunggal kan ya. Kalo aku mau nerapin 4bintang g masalah kan ya?

Sama pemberian makanan bergoreng sdh bs buat baby awal mpasi?

A : Boleh bangeeet.
Gorengan juga boleh koq, kan pada dasarnya tidak ada pantangan

Q : Nah ini aku emang ilmu itu pst terupdate ya. Pas key (almost 5yo) dl boleh gorengan setelah setaun. Skg udah boleh pas mpasi.  😁

Kayak pemberian mentega/margarin biasa, minyak goreng biasa berarti gpp ya? Kalo dl kan sebisa mgkin UB.

A : Kalau margarin jujur aku sendiri menghindari, dan pilihan tetap lebih ke unsalted butter

Tapi kalau mau kasih margarin yah gak dilarang koq.

Yang penting perhatikan cara pemberiannya, yaitu margarin maupun mentega plus evoo tidak untuk ikut dimasak, melainkan ditambahkan setelah makanan matang

Q : Utk awal2 MPASI..makanan spt sayur dan prohew nya disaring atau dicincang kasar aja mom?

A : Disaring dulu juga gak apa-apa

Q : Cara pemberiannya ke bayi gimana mba? Apa tiap bahan kita suapi satu2? Misal suapin sayur, dia telen, baru suapin ikan. Gitu?

A : Seperti kita makan saja 😉

Beda kan kita makan (misal) nasi, tahu, telur, sayur dalam 1suap, dengan semua bahan itu dicampur aduk jadi 1? 😉

Q : Bun..kalau minggu pertama mpasi sehari berapa kali utk makan dan apakah baby nya tetap dikasih Asi per 2-3 jam sperti sblum Mpasi?

Jawaban dari peserta lain : ASI mengikuti kebutuhan bayi mba

A : Pemberian ASI on demand

Frekuensi dan porsi makan awal MPASI sudah dijelaskan di materi

Q : nanya mom wyn.. 
1. lemak tambahan kan diantaranya ada ub dan margarin, itu untuk penyimpanan di lemari es / suhu ruang?
2. untuk konsumsi air putih itu 30xbb/2 ya mom?

A : Butter simpan di kulkas, margarin bisa di suhu ruang

Kebutuhan air putih 30ml per kg bb, tapi kalau bayinya masih ASI, bisa 1/3-nya saja, karena ASI sendiri banyak mengandung air 😊

Q :🏻 bun, evco dan evoo mana yang baik untuk mpasi?

A : Imho yah sama saja, gak perlu terpaku pada 1 jenis, kalau adanya evco yah berikan saja itu, kalau adanya evoo yah pakai itu, bahkan jika adanya minyak kelapa yang biasa buat masak, atau minyak goreng biasa, pakai saja itu 😊

Q : untuk pemberian buah aku pernah baca bagusnya pas perut kosong. Klo yg sekarang jadi satu porsi makanan ya? Atau jadi makanan camilan?

A : Gak wajib pas perut kosong koq. Buat cemilan bisa juga 😊

Q : mengenai perbandingan komposisi nya bund? Yang mana vitamin-mineral (bnyk terdapat di sayuran) tidak lebih banyak drpd protein ataupun karbo (bnyk terdapat di serelia). Baikkah begitu?

A : Memang sayuran porsinya gak mendominasi sih, apalagi kalau lalu pertumbuhannya melambat, makanya kan ada anjuran double karbo dan protein hewani.

Q : Kapan dan menu MPASI apa yg baik utk anak premature dan punya pallatum skisis? 
Saya mulai MPASI 6,5 bln, salah mulai menunya, pertama secuil biskuit milna+asi. Hari berikutnya secuil bisk. Miles + kaldu ayam kampung. Malam nya lgsg diare, muntah dan demam. Akhirnya dehidrasi dan opname. Kata DSA nya ganti tepung beras. Pas sdh 7 bln, saya beri tepung gasol, habis gitu alpukat, sweet potatoes, eh.... Demam. Trs... Jeda lagi. Cobain alpukat lagi, demam lagi. 
Apa mungkin twinnies alergi alpukat?

A : Kalau bayi prematur pakai usia koreksi mom, bisa didisusikan dg dokter yang menangani.

Kalau soal jenis mpasi, setahu aku sih sami mawon, cuma mungkin karena cleft palate, perlu dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter yang menangani, terkait teksturnya

Aku sih gak pernah kasih biskuit untuk MPASI😁

Soal alergi, gak bisa jawab euy, harus dikonsultasikan dengan dokter agar dievaluasi 😊
Mungkin bisa baca-baca soal food alergy

Q : Utk pemberian lemak tambahan sejak awal MPASI menu tunggal kah? Dan utk menu 4 bintang (penyajian dipisah2) lemak ditambahkan ke karbo?

A : Bisa sejak awal 😊
Ditambahkan ke mana yah bebas saja sesuai selera 😁

Q : Soalnya pernah baca tp lupa dimana kalo menu tunggalnya buah/sayur jangan dicampur lemak.

A : Anak perlu lemak dan gak pantang sih 😊

Lagian menu tunggal di awal mpasi adalah serealia bukan sayur atau buah 😉

Q :  Oh iya mba 😊 makasih pencerahannya. Soalnya kebanyakan temen pake menu tunggal selama 2 minggu, isinya buah/sayur

A : Buah dan sayur gak bisa memenuhi kebutuhan bayi, gak adekuat

Q : Nah ini... Aku srg liat menu tunggal wortel, bayam, atau sayur2 lainnya... 
Pdhl jaman anak pertama sayur campur bubur
Jd lbh baik sayur dicampurkan ke buburnya gt kah?

A : bisa seperti itu, tapi jangan dicampur aduk yah.

Q : mba mis nya qt campurin ub ke MPASI itu porsinya brp utk 1x makan?

A : Kalau aku sih disesuaikan dengan porsi makanannya, kebanyakan juga kan gak enak.
Aku biasanya nambahin sekitar 10-15gram deh (gak pake nimbang tapinya) 😁

Q : Kalau debay ny sedang batuk blh ditambahkan evoo?

A : Perhatikan reaksinya.
Minyak cenderung merangsang produksi lendir, kalau diberikan evoo lalu makin batuk sebaiknya stop dulu

Q ‬: mngkin klo penambahan lemak jg bs menambah rasa juga ya utk menu tunggal

A : Nambah rasa, apalagi mentega, enak itu

Q : Dalam pemberian MPASI ke baby kan ada yg pakai metode BLW atau Konvensional, nah apakah harus dpilih salah 1 saja atau bisa dgbungkan keduanya, apakah ada pengaruh ke perkembangan baby apabila dgbungkan?

A : Aku sih tidak menyarankan BLW, dan anjuran WHO adalah aktif dan responsif, jadi kita suapi dengan tetap melibatkan anak, perhatikan reaksi anak

Q : apa itu BLW?

Jawaban dari peserta lain : BLW kependekan dari Baby Led Weaning. Artinya, proses memasukkan makanan yang dilakukan oleh bayi sendiri ke mulutnya atau kita kenal dengan keadaan dimana bayi sudah ditahap belajar makan sendiri dengan tangannya.

Q ‬: apa kekurangan dr BLW sehingga tidak menyarankan mba?

A : 1. Tidak sesuai anjuran WHO
2. Resiko tersedak (bayangin yang selama 6 bulan anak cuma tahu asi yang cair, tiba-tiba disuruh makan utuh 🙄)
3. Anak mungkin akan cepat bosan, dan akhirnya kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi

Q : mudah bosan gmn maksudnya mba?

A : Maksudnya yah mudah bosan 😆

Dia acak2 makanan, yang masuk mulut mungkin gak banyak, keburu cape dan bosan karena durasi.

Q : Pernah baca kalo mau masak ikan, ayam atau daging dbekukan dulu terus kalau sudah mau di masak d parut pake parutan keju... itu bener gk ya???

A : Ini kalau mau menghaluskan sih, bisa pakai metode ini, tapi tetap ekstra effort, keras kan soalnya (pernah nyobain).

Dan kalau memang dagingnya dalam kondisi segar, gak beku, yah alangkah lebih baik jika langsung dimasak sehingga makanan lebih segar 😊

Q ‬: kalau bayinya sedang batuk lemak seperti apa yg cocok diberikan?

A : Selain minyak, sumber lemak kan masih ada santan (yang segar yaaah, sebaiknya yang gak ikut dimasak), mentega 😊

Q : anak saya alergi kacang2an mba. Saya sdh cb berbagai jenis yg bisa saya temukan di sini. Makanan apa saja yg bisa saya jadikan sebagai pengganti kacang2an untuk protein nabati pada menu 4bintangnya?

A : Tahu, tempe alergi?
Jamur? Kacang polong?

Q ‬: Iya mba kecuali jamur.

A : Oncom?

Q ‬: Oncom jg alergi mba. Sejauh ini satu2nya ya bisa hanya jamur. Maksud saya mencari tahu spy bisa bervariasi

A : Kacang panjang, buncis?

Q : Alergi juga 😔

Q : kalo menu tunggal serealia, misal cuma punya beras, jadi selama menu tunggal cuma d kasih bubur beras + lemak gitu kh mom wyn

A : Iya
Tapi kalau mau langsung 4bintang juga boleh looh

Q : Sisa Santan yg diperas gx hbs kita masukkan pd menu siangny blh kah di simpan di kulkas ntr soreny diberikan lg?

A : Boleh aja, tapi gak diangetin ya

Q ‬: mb,,soal karbohidrat seperti mie,spageti dan jenis2 pasta laenya yg terbuat dari tepung,apakah benar sulit untuk dicerna?karna anak saya doyan jenis2 karbo tersebut

A : Kabarnya sih demikian, dan memang sebaiknya gak sering-sering, kan perlu variasi juga 😉

Q : Anakku sekarang 9bulan bun,makannya udah ga mw nasi tim lgi.. maunya nasi bulet dipenyet2 pake tangan. Bingung bikin menu 4* nya?

Lalu knp belakangan ini kalo dia liat nasi ga mau disuapin y? Tpi kalo cemilan kaya pisang digoreng dia suka..

A : Yang bikin bingung apa? 🙄
Kan berarti ada peningkatan tekstur

Jawaban dari peserta lain : Kreasi di menu aja Bun, misal anak bosen dg nasi bisa di kreasi kan misalnya perkedel wortel ayam 😁

Q : Memang sebaiknya evoo,santan or mentega ya bunda?

A : Sesuaikan saja dengan keadaan dan kemampuan
Kan kadang ada yang sulit dapat evoo, sulit dapat mentega, namun mudah dapat minyak goreng biasa, yah pakai saja itu
Atau pakai santan

Bikin MPASI itu mudah, so make it simple, jangan malah bikin bingung apalagi parno 😊

Jawaban dari peserta lain : Iya bu. Awalnya mikir pas baca2 mpasi orang, bahannya kok susah, alatnya kok mahal. Skrg sudah terbuka mata, kalo yg dipakai harusnya yg ada di sekitar aja 😊

Q ‬: screening ADB sampe umur brp ya?

A : Kalau bisa setidaknya usia 1 tahun sudah screening ADB
Tapi anjuran IDAI, usia 2 tahun prick test, setahun sekali kalau gak salah

Jawaban dari peserta lain : Iya ini wajib deh. Aku g pernah dikasih tau dsa. Dan skg key 5y adb. Ini lagi terapi zat besi 3bulan. Pdhl makannya bagus. So screening tiap taun mang perlu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar